PROFIL PUSKESMAS TAMANSARI KOTA TASIKMALAYA

 

Puskesmas sebagai Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) yang diberi kewenangan dan tanggung jawab bidang kesehatan di tingkat kecamatan/wilayah kerjanya, dalam operasionalnya telah diatur dalam Keputusan Menteri Kesehatan RI nomor 75 tahun 2014 tentang Kebijakan Dasar Puskesmas dan Peraturan Walikota Tasikmalaya Nomor 113 tahun 2013 tentang Sususnan Organisasi dan Tata Kerja UPTD Puskesmas pada Dinas Kesehatan Kota Tasikmalaya.

Pembangunan di Kota Tasikmalaya dengan visi “Mewujudkan UPTD Puskesmas Tamansari yang religious, maju dan madani”. Tujuan pembangunan kesehatan di tingkat kecamatan diarahkan untuk mewujudkan visi Dinas Kesehatan Kota Tasikmalaya yaitu “Masyarakat Kota Tasikmalaya yang Religius, Maju dan Madani”,

Untuk mendukung visi dan misi pemerintah Kota Tasikmalaya dan Dinas Kesehatan Kota Tasikmalaya tersebut di atas, maka Puskesmas Tamansari memiliki visi sebagai berikut : Mewujudkan UPTD Puskesmas DTP Tamansari yang Religius, Maju dan Madani”.

  • MISI PUSKESMAS

Dalam rangka pencapaian visi tersebut diatas, maka ditetapkan misi UPTD Puskesmas  Tamansari, adalah sbb :

  1. Mewujudkan tata nilai kehidupan masyarakat yang religious dan berkearifan lokal.
  2. Memantapkan infrastruktur dasar perkotaan guna mendorong pertumbuhan dan pemerataan pembangunan yang berwawasan lingkungan.
  3. Mengurangi tingkat kemiskinan dan meningkatkan daya beli masyarakat
  4. Memenuhi kebutuhan pelayanan dasar masyarakat untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia.
  5. Meningkatkan tata kelola pemerintahan yang baik dan bersih

 

Kondisi geografis Puskesmas Tamansari terdiri dari wilayah dataran, persawahan dan perbukitan. Letak Wilayah Kerja Puskesmas Tamansari merupakan satu dari dua Puskesmas yang beradadi Wilayah Kecamatan Tamansari Kota Tasikmalaya yang berada di sebelah selatan dengan jarak sekitar 10 km dari Ibukota Kota Tasikmalaya yang  dihubungkan  dengan jalan  raya beraspal denganbatas-batas wilayah sebagai berikut:

Sebelah Utara

:

Wilayah Kerja UPTD Puskesmas Kahuripan Kecamatan  Tawang

Sebelah Timur

:

Wilayah Kerja UPTD Puskesmas Cibeureum Kecamatan Cibeureum dan Wilayah Kerja UPTD Puskesmas Sangkali Kecamatan Tamansari

Sebelah Selatan

:

Kecamatan Jatiwaras Kabupaten Tasikmalaya

Sebelah Barat

:

Wilayah Kerja UPTD Puskesmas Kawalu Kecamatan Kawalu.

 

 

Secara Administratif Wilayah Kerja UPTD Puskesmas  Tamansari termasuk ke dalam wilayah Kecamatan Tamansari Kota Tasikmalaya dengan luas wilayah                        17,08 km2. Terdiri dari 4 (empat) kelurahan yaitu  Kelurahan Sukahurip dengan luas wilayah 1,76 km2, Kelurahan Mulyasai dengan luas wilayah 2,78 km2,  Kelurahan Setiamulya dengan luas wilayan 2,13 km2 dan Kelurahan Setiawargi dengan luas wilayah  10,41 km2, terdiri dari 61 RW dan 225 RT.

Puskesmas Tamansari merupakan Puskesmas dengan kalaterlistik Puskesmas Kawasan Perkotaan, karena sebagian penduduk aktifitasnya sektor non agraris, memiliki fasilitas perkotaan antara lain adanya Rumah Sakit, Lembaga pendidikan dengan didukung akses jalan raya dan sarana transfortasi. Dan lebih dari 95 % rumah penduduk sudah memiliki listrik. UPTD Puskesmas Tamansari mempunyai kemampuan pelayanan Rawat Inap sesuai Perwalkot No. 94 tahun 2016, dengan kunjungan pasien rawat jalan sebanyak 18447 Pasien dan pasien rawat inap sebanyak 131 Pasien ditahun 2017.

Adapun untuk peyelenggaraan pelayanan yang ada di Puskesmas Tamansari antara lain : Pemeriksaan Umum, Pemeriksaan Ibu Hamil, Anak, dan KB, Kesehatan Gigi dan Mulut, Laboratorium, Konseling, UGD, dan Rawat Inap.

  • Kependudukan

Situasi kependudukan dapat dilihat dari berbagai indikator antara lain tingkat pertumbuhan, angka kelahiran kasar (fertilitas), distribusi penduduk menurut jenis kelamin dan kelompok umur serta kepadatannya. Dari hal-hal tersebut diatas terlihat bahwa UPTD Puskesmas  Tamansari masih dihadapakan pada beberapa masalah yang cukup besar, seperti yang dapat diuraikan berikut ini :

 

Jumlah Tenaga UPTD Puskesmas  TamansariTahun 2017

No

Tenaga kesehatan

Jumlah yang Ada

1

Kepala Puskesmas

1 PNS Dokter Umum

2

Ka Subbag TU

1 PNS

3

Dokter Fungsional

1 PNS Dokter Umum

4

Dokter Gigi

1 PNS

5

Perawat

9 PNS/  9 Sukwan

6

PerawatGigi

2 PNS

7

Bidan

6 PNS/ 3 Bidan CPNS / 10 Sukwan

8

Apoteker

1 PNS / 2 Sukwan

9

Petugas Laboratorium/ Analis

2 PNS / 1 Sukwan

10

Sanitarian

1 PNS

11

Nutrisionis

1 PNS