Artikel Terakhir
Calendar
« Oct 2017 »
M S S R K J S
1 2 3 4 5 6 7
8 9 10 11 12 13 14
15 16 17 18 19 20 21
22 23 24 25 26 27 28
29 30 31 1 2 3 4
5 6 7 8 9 10 11
Statistik Website
mod_mod_visitcounterVisitors Online23
mod_mod_visitcounterHits7035341
mod_mod_visitcounterToday544
mod_mod_visitcounterYesterday1237
mod_mod_visitcounterThis week5494
mod_mod_visitcounterThis month34982
mod_mod_visitcounterAll days549983

Pelatihan SIKDA Generik

Pelatihan SIKDA Generiksikda generik

 

SIKDA GENERIK hadir dengan versi terbaru

By On 21/08/2014 · Leave a Comment · In Uncategorized

 

SIKDA Generik   telah memiliki versi terbaru. Versi terbaru dari SIKDA Generik ini memiliki konten yang telah disempurnakan dengan beberapa fungsionalitas pendukung untuk pendataan kesehatan daerah. Versi terbaru dari SIKDA Generik ini dihadirkan guna menyempurnakan aplikasi SIKDA yang lalu. SIKDA Generik versi terbaru ini dikenalkan dengan nama SIKDA Generik versi 1.3 atau sebut saja dengan SIKDA Generik 1.3. Fitur dan tampilan (user interface) yang dihadirkan dalam SIKDA Generik 1.3 adalah fitur dashboard yang lebih detail, menu yang lebih kompleks, form fill-in yang telah dilengkapi, data yang secara otomatisasi tergeneralisasi, dan masih banyak lagi fitur yang disediakan dalam SIKDA Generik 1.3 guna mempermudah pengguna dalam pengoperasiannya. Berikut ini merupakan gambar dari SIKDA Generik modul Puskesmas :

 

Beberapa fitur tambahan dalam SIKDA Generik 1.3 ini adalah fasilitas untuk minimize dan maximize tampilan menu dan header yang terdapat pada samping kiri dan pada bagian atas. Menu tambahan yang dihadirkan dalam SIKDA Generik 1.3 adalah penyempurnaan dari versi sebelumnya. Penyempurnaan fasilitas ini adalah terdapat pada menu Transaksi, yaitu ditambah dengan sub menu Sarana. Bukan hanya dalam menu transaksi yang ditambah, akan tetapi pada versi ini SIKDA Generik juga ditambah dengan menu Kegiatan Luar Gedung untuk mendapatkan data kegiatan luar yang lebih lengkap, misalnya kegiatan imunisasi, kesehatan lingkungan, dan posyandu. Kegiatan luar gedung tersebut mencakup semua kegiatan dalam kegiatan pendataan tingkat kesehatan daerah baik kesehatan rumah sakit, imunisasi, restoran, beserta semua data yang terlibat di dalamnya. Tambahan sub menu juga dihadirkan dalam Laporan, dalam menu Laporan ini bukan hanya ada Laporan Bulanan dan Laporan Jamkesmas, akan tetapi ada juga Laporan Kunjungan guna mengupdate informasi yang akan tergeneresisasi dalam SIKDA Generik untuk pelaporan evaluasi.

Untuk mendukung pengoptimalan penggunaan SIKDA Generik versi 1.3 maka Kementerian Kesehatan Republik Indonesia mengadakan pelatihan instalasi dan penggunaan SIKDA Generik 1.3 di berbagai layanan kesehatan terkait atau bisa disebut Training of Trainer (TOT) yang dilaksanakan pada Mei – Juli 2013 dengan melibatkan seluruh pengelola data di Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota dan Provinsi. Kegiatan TOT ini meliputi penjelasan dan praktik instalasi sampai pada penggunaan SIKDA Generik. Selain itu pelatihan ini dalam rangka mewujudkan terintegrasinya data yang sinkron dan valid di Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota,  Provinsi, serta Kementerian Kesehatan RI.

Selain SIKDA Generik 1.3 modul Puskesmas dikembangkan pula SIKDA Generik 1.3 modul Dinas Kesehatan. Modul ini bertujuan untuk mengintegrasikan data dan informasi pada pelayanan kesehatan yang telah menggunakan aplikasi SIKDA Generik 1.3 modul Puskesmas. Berikut ini merupakan gambar dari SIKDA Generik modul Dinas Kesehatan :

Berita Terkait : Berita Pelatihan